10 Perusahaan Ternama Yang Pernah Mencoba Membeli Facebook

Berikut 10 perusahaan/investor yang pernah akan membeli Facebook.

1. Investor (tak disebutkan) dari kota New York.
Hanya beberapa bulan sejak pertama kali TheFacebook didirikan ada satu investor dari kota New York yang menawar situs milik Mark Zuckerberg seharga 10 juta dolar. Tetapi konon Mark tidak menganggap terlalu serius tawaran tersebut.
2. Friendster
Selain itu juga pada awal-awal TheFacebook berdiri, pendiri situs Friendster pun mencoba untuk membeli TheFacebook namun akhirnya keinginan itu tidak pernah terjadi hingga Friendster sendiri kalah bersaing dari Facebook.Friendster
3. Google
larrypage_googlePada tahun 2004 ketika Mark dan teman-temannya menyewa rumah di California, yang mana berdekatan dengan markas Google, konon kedua pendiri Google pernah mampir dan berdiskusi dengan Mark untuk menanyakan kemungkinan kerjasama dan membicarakan kemungkinan untuk membeli TheFacebook.
Namun pertemuan itu pada akhirnya tidak menghasilkan apa-apa,walaupun pada pertemuan kedua yang diadakan pada tahun 2007 Google kembali mengutarakan niatnya yang sama untuk bekerjasama dalam penjualan iklan atau kemungkinan untuk berinvestasi di TheFacebook dengan angka 15 juta dolar tetap ditolak Mark dan tim nya.
4. Viacom
viacomPada tahun 2005 setahun sejak berdiri dan masih bernama TheFacebook, Mark membina komunikasi dengan perusahaan media Washington Post untuk membicarakan investasi yang yang akan ditanamkan pada sosial media tersebut. Akan tetapi diwaktu yang hampir bersamaan Viacom perushaan yang memiliki MTV mengajukan penawaran untuk membeli TheFacebook seharga 75 juta dolar dan apabila tawaran ini diterima maka Mark selaku CEO akan menerima cash sebesar 35 juta dolar.
Penawaran Viacom tersebut ditolak Mark dengan pertimbangan bahwa MTV dan Facebook tidak akan cocok untuk disinergikan. Menurut kabar, Viacom berkali-kali membujuk Mark untuk menjual perusahaannya. Hingga penawaran berikutnya diajukan pada tahun 2006 Mark alih-alih menerima tawarannya malah mengungkapkan bahwa TheFacebook miliknya bernilai 2 milyar dolar.
Beberapa minggu setelahnya Viacom kembali menawar Facebook kali ini dengan harga yang lumayan fantastis yaitu sebesar 1,2 milyar dolar, dengan uang muka 800 juta dolar dan sisanya dibayar kemudian. Pada saat itu kesepakatan hampir terjadi, akan tetapi Mark dan timnya menginginkan pembayaran dimuka lebih besar dari penawaran yang diajukan Viacom yang hanya sebesar 800 juta dolar. Di lain sisi Viacom merasa khawatir mengeluarkan jumlah dana yang sangat besar hanya untuk sebuah perusahaan internet yang saat itu tidak memiliki banyak profit. Sejak saat itu transaksi tidak pernah terjadi antara Mark dan Viacom.
5. MySpace
myspacePada tahun 2005 pendiri MySpice, Chris DeWolfe mengunjungi markas Facebook untuk membicarakan kemungkinan MySpace membeli The Facebook yang diajukan Mark dan rekan-rekannya. Pada saat itu Mark mengutarakan agar DeWolfe membeli Facebook sebesar 75 juta dolar. Namun pada saat itu  DeWolfe menolak tawaran yang diajukan Mark, bahkan ketika mereka bertemu kembali pada tahun yang sama Mark mengungkapkan hal yang sama agar MySpace membeli Facebook akan tetapi dengan harga yang lebih tinggi yaitu 750 juta dolar. Kembali DeWolfe menolak tawaran tersebut.
6. NewsCorp
Perusahaan raksasa media ini juga pernah akan membeli Facebook pada awal tahun 2006 akan tetapi kesepakatan tidak pernah terjadi.
7. NBC
Perusahaan media ini juga pernah akan membeli Facebook pada tahun 2005, akan tetapi gagal.
8. Yahoo
yahoo-center-sign-and-buildingPerusahaan mesin pencarian Yahoo pada tahun 2006 juga berusaha membeli Facebook dengan tawaran 1 milyar dolar. Pada saat itu rekan-rekan Mark dan beberapa investor yang sudah menanam modal berkeinginan untuk menjualnya. Akan tetapi karena pada saat itu Facebook baru saja menambah fitur berita newsfeed, maka Mark berpikiran Facebook akan memiliki nilai lebih dari 1 milyar dolar.
Pada akhir tahun 2006 Yahoo kembali menawar Facebook,dan kali ini setuju akan membayar lebih dari 1 milyar dolar. Sayangnya saat itu Facebook sedang dalam puncak popularitasnya terutama dikalangan remaja dan mahasiswa dengan jumlah pengguna yang mendaftar setiap hari hingga mencapai 50 ribu orang. Oleh karena itu kembali Mark dan tim nya menolak tawaran Yahoo.
9. AOL
Pada pertengahan tahun 2006 juga AOL berencana membeli Facebook seharga 1 milyar dolar dan tentu saja Mark menolak tawaran ini.
10. Microsoft
Steve BallmerPada tahun 2007 CEO Microsoft Steve Ballmer menawar Facebook sebesar 15 milyar dolar, dengan perincian Microsoft akan membeli saham Facebook senilai 15 milyar dolar lalu setiap 6 bulan aka membeli 5 persen saham lagi dan terus begitu hingga semua saham dimiliki Microsoft.
Steve berniat membeli Facebook dengan tujuan menjauhkan Facebook dari Google rivalnya. Transaksinya sendiri tidak pernah terjadi akan tetapi Microsoft berhasil membeli sejumlah saham di Facebook dengan nilai 250 juta dolar.
Share on Google Plus

About Unknown

Terima Kasih Karna Telah Menyempatkan Waktu Luangnya Untung Berkunjung Di Blog RevounzOrganizer . Mudah-mudahan Post Yang Kami Berikan Sangat Bermanfaat Dan Berguna Bagi Para Pengunjung :)
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Comment Di Blog Kami Dengan Kata-kata Yang Sopan Dan Relevan